Kegiatan
Manajemen Pengetahuan (MP) ini biasanya dikaitkan dengan tujuan
organisasi semisal untuk mencapai suatu hasil tertentu seperti
pengetahuan bersama, peningkatan kinerja, keunggulan kompetitif, atau
tingkat inovasi yang lebih tinggi. Pada umumnya, motivasi organisasi
untuk menerapkan MP antara lain:
- Membuat pengetahuan terkait pengembangan produk dan jasa menjadi tersedia dalam bentuk eksplisit
- Mencapai siklus pengembangan produk baru yang lebih cepat
- Memfasiltasi dan mengelola inovasi dan pembelajaran organisasi
- Mendaya-ungkit keahlian orang-orang di seluruh penjuru organisasi
- Meningkatkan keterhubungan jejaring antara pribadi interna dan juga eksternal
- Mengelola lingkungan bisnis dan memungkinkan para karyawan untuk mendapatkan pengertian dan gagasan yang relevan terkait pekerjaan mereka
- Mengelola modal intelektual dan aset intelektual di tempat kerja
Tujuan KM
Tujuan dasarnya adalah untuk memanfaatkan pengetahuan untuk keunggulan organisasi
Tujuan lainnya adalah:
1.Fasilitasi masa transisi orang lama dengan orang baru
2.Minimalisasi hilangnya “pengetahuan” karena keluarnya karyawan
3.Mengetahui sumber daya dan area pengetahuan kritis yang dimiliki
4.Mengembangkan metode untuk mencegah hilangnya kekayaan intelektual perusahaan
KM untuk Individual
Membantu orang mengerjakan tugas
Membangun ikatan komunitas dengan organisasi
Membantu orang tetap up-to-date
Menyediakan tantangan dan kesempatan untuk berkontribusi
KM untuk Komunitas
Mengembangkan keahlian profesional
Mendorong mentoring
Memfasilitasi networking dan kolaborasi yang efektif
Mengembangkan kode etik profesional
Mengembangkan “bahasa” yang sama
KM untuk Organisasi
Membantu mendorong strategi
Menyelesaikan masalah lebih cepat
Menerapkan best practice
Meningkatkan pengetahuan dalam produk dan layanan
Membangun “memori” organisasi
sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_pengetahuan
http://dwiky-a-p-fisip09.web.unair.ac.id/artikel_detail-36735-Kuliah-knowledge%20management.html
No comments:
Post a Comment