Blog Archive

Thursday, November 14, 2013

Manajemen Pengetahuan

Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) adalah kumpulan perangkat, teknik, dan strategi untuk mempertahankan, menganalisis, mengorganisasi, meningkatkan, dan membagikan pengertian dan pengalaman. Pengertian dan pengalaman semacam itu terbangun atas pengetahuan, baik yang terwujudkan dalam seorang individu atau yang melekat di dalam proses dan aplikasi nyata suatu organisasi. Fokus dari MP adalah untuk menemukan cara-cara baru untuk menyalurkan data mentah ke bentuk informasi yang bermanfaat, hingga akhirnya menjadi pengetahuan.

Kegiatan Manajemen Pengetahuan (MP) ini biasanya dikaitkan dengan tujuan organisasi semisal untuk mencapai suatu hasil tertentu seperti pengetahuan bersama, peningkatan kinerja, keunggulan kompetitif, atau tingkat inovasi yang lebih tinggi. Pada umumnya, motivasi organisasi untuk menerapkan MP antara lain:
  • Membuat pengetahuan terkait pengembangan produk dan jasa menjadi tersedia dalam bentuk eksplisit
  • Mencapai siklus pengembangan produk baru yang lebih cepat
  • Memfasiltasi dan mengelola inovasi dan pembelajaran organisasi
  • Mendaya-ungkit keahlian orang-orang di seluruh penjuru organisasi
  • Meningkatkan keterhubungan jejaring antara pribadi interna dan juga eksternal
  • Mengelola lingkungan bisnis dan memungkinkan para karyawan untuk mendapatkan pengertian dan gagasan yang relevan terkait pekerjaan mereka
  • Mengelola modal intelektual dan aset intelektual di tempat kerja

Tujuan KM
Tujuan dasarnya adalah untuk memanfaatkan pengetahuan untuk keunggulan organisasi
Tujuan lainnya adalah:
1.Fasilitasi masa transisi orang lama dengan orang baru
2.Minimalisasi hilangnya “pengetahuan” karena keluarnya karyawan
3.Mengetahui sumber daya dan area pengetahuan kritis yang dimiliki
4.Mengembangkan metode untuk mencegah hilangnya kekayaan intelektual perusahaan

KM untuk Individual
Membantu orang mengerjakan tugas
Membangun ikatan komunitas dengan  organisasi
Membantu orang tetap up-to-date
Menyediakan tantangan dan kesempatan  untuk berkontribusi

KM untuk Komunitas
Mengembangkan keahlian profesional
Mendorong mentoring
Memfasilitasi networking dan kolaborasi  yang efektif
Mengembangkan kode etik profesional
Mengembangkan “bahasa” yang sama

KM untuk Organisasi
Membantu mendorong strategi
Menyelesaikan masalah lebih cepat
Menerapkan best practice
Meningkatkan pengetahuan dalam produk  dan layanan
Membangun “memori” organisasi



sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_pengetahuan
http://dwiky-a-p-fisip09.web.unair.ac.id/artikel_detail-36735-Kuliah-knowledge%20management.html

No comments:

Post a Comment